CARA YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK SUKSES DI PASAR MONOPOLISTIK


Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.

Pada pasar monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga.
Setelah kita mengetahui apa itu pasar monopolistik ,maka kita akan lebih muda dalam menentukan cara yang paling tepat dalam berjualan dalam pasar tersebut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan  barang atau jasa apa yang akan kita jual di pasar tersebut.Kita harus tahu apa serela masyarakat yang akan kita jadikan target penjualan,karena tidak semua masyarakat memiliki selera dan kondisi ekonomi yang sama.Misalnya, di Indonesia ,pada umumnya masyarakat menggunakan sapu untuk membersihkan lantai.Sementara negara maju seperti Amerika Serikat menggunakan penyedot debu .Sehingga bila kita berjualan sapu di Amerika Serikat tentu saja tidak ada yang akan membelinya. Karenanya kita harus cermat dalam hal tersebut.
Langkah ke2 adalah memperhitungkan produk-produk yang sudah ada.Adakalanya terdapat penjual yang memiliki pangsa pasar paling besar,sehingga menjadi saingan yang sangat berat dan akan menjadi resiko kalau kita masuk dalam pasaran tersebut.Suatu saat perusahaan besar tersebut mungkin akan memainkan harga,dengan menjual barangnya dengan harga yang sangat murah.Sehingga perusahaan kecil yang lainnya akan kesulitan mengadaptasikan diri dengan harga yang ada di pasaran,sehingga akan bangkrut.Setelah berhasil menjatuhkan saingannya,perusahaan besar tersebut akan menaikan harga barangnya kembali ke harga normal.Oleh karena itu,usaha kan mencari barang yang tidak terdapat penjual yang kira-kira memiliki kemampuan tersebut.
Langkah ke 3 adalah menentukan kualitas barang ,dari mana sumber daya yang kita perlukan dapat kita dapatkan,dan  cara memproduksi.Usahakan untuk mendapatkan sumber daya tersebut tidak memerlukan ongkos kirim yang tinggi ,dan dengan harga semurah mungkin,namun dengan kualitas yang cukup.Lalu kita tentukan cara memproduksi sepeti apa yang paling efisien.Tiga hal tersebut akan mempengaruhi harga yang akan kita tawarkan kepada masyarakat.Jika harga yang kita tawarkan terlalu tinggi, maka tidak ada yang akan membeli produk kita.Sehingga menentukan harga merupakan salah satu kunci keberhasilan penjualan.
Langkah ke 4 adalah menentukan apa yang akan menjadi keunggulan ,atau ciri khas dari produk kita.Seperti yang di sebutkan di atas,bahwa pasar monopolistik barang yang dijual memiliki berbagai variasi.Kita harus tahu ,kira-kira model seperti apa yang di senangi oleh masyarakat.Kita harus membuat produk kita lebih menonjol dari produk yang lain.
Langkah berikutnya adalah melakukan promosi produk.Tanpa promosi yang baik, barang dengan kualitas sebaik apapun dan harga semurah apapun ,tidak ada yang akan membelinya.Kita harus tentukan siapa yang akan kita jadikan target penjualan,media apa yang digunakan,dan kapan promosi tersebut dilakukan .Misalnya kita menjual mainan robot-robotan,tentunya yang cocok adalah majalah anak,tidak akan berhasil bila kita meggunakan koran.Karena anak-anak tidak tertarik membaca koran.Misalnya kita menjual produk makanan ringan yang disukai oleh anak-anak.Misalnya, media iklan kita adalah tv,namun kita menayangkan iklan kita jam 10 malam.Tentunya tidak ada yang akan membeli produk kita,karena pada jam 10 anak-anak sudah tidur, yang ada adalah orang dewasa.
Langkah berikutnya adalah menentukan cara pendistribusian barang.Kita harus mencari pendistribusian yang paling efektif dan tidak memakan banyak biaya.

Kita tetap harus terus berinovasi,karena tren di masyarakat terus berubah.Kita harus lebih cepat dalam memanfaatkan kesempatan dari pada pengusaha yang lain 

Comments

Popular posts from this blog

SKENARIO ANDE-ANDE LUMUT

Bentuk-bentuk kebijakan ekonomi mikro